RSS

Karnival Batik Cirebon

30 Mar

Kabupaten Cirebon, terletak di pantai utara Jawa, 6°30’–7°00’ Lintang Selatan dan 108°40’-108°48’ Bujur Timur, merayakan ulang tahunnya yang ke-531 di 2 April 2013. Wow, sudah tua sekali ya kabupaten ini.

Konon penghitungan usia Kabupaten Cirebon dimulai dari saat penghentian pembayaran upeti kepada Pajajaran yang dilakukan oleh Sinuhun Sunan Gunungjati Syekh Syarif Hidayatullah, segera setelah diangkat sebagai Raja Pertama Cirebon. Tanggal 12 Shafar atau 2 April 1482 Masehi (titi dwadasi, suklapaksa centramasa, saharsa patang atus papat ingkang sakakala). (sumber: http://is.gd/ybI2dD)

Nah, dalam rangka menyambut hari jadinya tersebut, Pemkab Cirebon menyelenggarakan Karnaval Batik Cirebon dan Pameran Kepariwisataan Kabupaten Cirebon 2013. Acara ini baru pertama kali diselenggarakan, dan rencananya akan menjadi kegiatan rutin yang bisa menandingi Jember Fashion Carnaval atau Solo Batik Carnival yang sudah jauh spektakuler dan matang dalam penyelenggaraannya.

Para peserta karnaval adalah mereka yang membuka booth di pameran kepariwisataan. Jadi, sekali daftar untuk dua kegiatan. Booth sendiri tidak dipungut biaya apapun! Semua dana berasal dari APBD Kabupaten Sumber.

Karnavalnya sendiri diadakan pada hari Sabtu, 30 Maret 2013. Atraksi dan mobil hias para peserta yang spektakuler memenuhi jalanan berkilo-kilometer panjangnya. Saya pun mengiringi karnaval tersebut dari start sampai finish dengan berjalan kaki sambil sesekali berlari karena tertinggal rombongan. Capeknya tak terasa karena senang sekali melihat atraksi-atraksi unik yang mereka tampilkan.

 

Karena tema festival ini batik, dan Megamendung adalah motif batik khas Cirebon, maka Megamendung mendominasi kostum para peserta.. Berikut ini beberapa peserta yang berhasil ditangkap kamera saya…

Untuk foto-foto lengkapnya, silakan klik www.instagram.com/gembrit

Saya kagum dan salut kepada mereka yang berjalan kaki dalam karnaval ini. Tak peduli umur mereka berapapun, mereka ingin menghibur masyarakat sekitar dan menunjukkan kecintaannya kepada Kabupaten Cirebon. Padahal jarak yang mereka tempuh relatif panjaaaaang, ini rutenya…

karnavalbatik

Semoga karnaval ini tetap lestari setiap tahun, dan penyelenggaraannya jauh lebih baik sehingga bisa meengharumkan nama Cirebon di tingkat internasional. Dirgahayu Kabupaten Cirebon!

Advertisements
 
2 Comments

Posted by on 03/30/2013 in Uncategorized

 

2 responses to “Karnival Batik Cirebon

  1. muchamad Nasir

    04/24/2013 at 09:15

    ini acara karnival yang keberapa kalinya ??

    pertama atau yang kesekian kalinya

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: