RSS

You’re Gonna Miss Me When I’m Gone

26 Jun

Awal bulan ini ada sebuah sekuel film yang ditunggu-tunggu penggemarnya (walaupun di Cirebon cuma muncul midnight doang dan gak ditayangin secara reguler). Yes, Pitch Perfect 2! Film remaja kebanyakan, tentang kehidupan kampus dan ekstrakulikulernya. Kalau Bring It On tentang pemandu sorak, Big Hero 6 tentang klub sains, film ini ceritanya tentang grup accapela. Reminds you with Glee, right? Right.

Oke, di sini gue ga akan jelasin tentang filmnya, tapi tentang lagu tema di film pertamanya yang unik, judulnya Cups. Tadinya (sebelum nonton film Pitch Perfect dan denger lagu ini) gue pikir ini adalah lagu tentang kemenangan. Cup kan bisa diartikan piala, ya. Ternyata cups di sini mengacu pada instrumen utama yang digunakan pada cover dari lagu berjudul You’re Gonna Miss Me milik Lulu and The Lampshades (ada perdebatan mengenai pemilik sah lagu ini, apakah Lulu and The Lampshades, atau dari lagu country tahun 1931 When I’m Gone oleh Carter Family, untuk lebih jelasnya klik di sini)

Nah, di lagu Cups ini, instrumennya adalah gelas (plastik, kalo gelas-gelas kaca bisa pecah kata Nia Daniaty). Ngeliat di youtube, banyak sekali cover lagu ini, nyanyinya pake gelas pastinya. Bahkan seorang anak kecil aja bisa bawain di audisi The Voice Kids Jerman!

Jadi penasaran gue, bisa gak sih bawain lagu ini pake instrumen gelas doang? Dengan tujuan untuk melatih otak dan sistem koordinasi yang sudah lama tidak dicekoki hal-hal baru, juga bisa jadi unique selling point(ga penting banget tujuannya), serta biar bisa pamer dong ke teman-teman, gue mulai belajar dari awal banget. Mencermati video tutorial di youtube secara satu persatu dan dicari yang paling gampang diikutin. Gue sempet frustasi, sih, kok orang-orang itu bisa dengan gampang banget tangannya mainin gelas sambil nyanyi. Ga langsung bisa, lah. puluhan kali ada gue gagal. Pelan-pelan, selangkah demi selangkah gue belajar lagu ini, pertama-tama gue coba kuasain dulu ritme instrumennya. Begitu udah bisa, coba sambil nyanyi, gagal puluhan kali. Gak gampang menyinkronkan mulut dan tangan, otak perlu bekerja sedikit keras dalam mengoordinasikannya.

Finally, setelah tiga hari berlatih di sela-sela kesibukan harian, gue bisa juga bawain lagu ini pake gelas kertas! Ga percaya, ini buktinya…

Horeee! “bener, kan, Lo tuh sebenernya bisa mendapatkan apa yang lo mau capai, asal lo mau belajar dan berusaha,” gitu kata gue ke diri gue sendiri. Hahaha.

Banyak hal yang gue dapat dalam proses pembelajaran lagu ini, gue jadi inget beberapa quotes di antaranya:

Do not compare your first step with other’s one hundred steps.

Yak, lo baru belajar, jadi jangan samain sama yang udah mahir, terus berusaha!

You will get what you want if you give it a try and work it till its done.

Haruslah berusaha dengan tekun agar bisa mendapatkan apa yang lo ingin capai.

Stay focus with your goal, even others mock at you.

Temen-temen gue pada heran, ngapain sih gue latihan gini? Biar apa? Pada ngetawain karena skill ini ga ada gunanya dalam hidup. Tapi gue pengen bisa karena gue pengen membuktikan ke diri gue sendiri kalo gue bisa. Gue ga mikir manfaat dalam kehidupan gue ke depannya gimana, pokoknya gue pengen bisa!

Ga disangka ya, dari hal kecil kayak gini, bisa dapat pelajaran hidup yang berarti. Halah…

Keasikan main instrumen, bikin sedikit pudar dalam penghayatan lirik lagunya, padahal maknanya dalam. Tentang sebuah ajakan dan kalo yang diajak ga mau, bakalan nyesel. Hemmm.

I’ve got my ticket for the long way ’round
The one with the prettiest of views
It’s got mountains, it’s got rivers
It’s got sights to give you shivers
But it sure would be prettier with you

When I’m gone, when I’m gone
You’re gonna miss me when I’m gone
You’re gonna miss me by my walk
You’re gonna miss me by my talk, oh
You’re gonna miss me when I’m gone

 
6 Comments

Posted by on 06/26/2015 in Uncategorized

 

6 responses to “You’re Gonna Miss Me When I’m Gone

  1. Si Ochoy

    06/26/2015 at 00:22

    Kayaknya malam ini sebelum tidur bacain beberapa postingan blog kak chicko dulu deh 🙂

    Iya bener kata salah satu sahabat aku, tulisan kak chicko bagus. Pesan moralnya dapet.. Pas banget quote nya buat saya nih!

     
    • gembrit

      06/26/2015 at 08:15

      Makasih lho, sahabatnya siapa, sih? :p
      Quote yang mana yang pas banget buat kamu?

       
  2. Si Ochoy

    06/26/2015 at 13:10

    Uni Dzalika… Hehe kemarin dinner bareng buat ngomongin tulisan 🙈

    3 quotes yang setelah video nya kak chicko saya banget deh saat ini..

     
    • gembrit

      06/26/2015 at 14:01

      Hahahah! Uni! Dia cerita ga kalo kami pernah bikin cerpen bareng? :))

       
      • Si Ochoy

        06/28/2015 at 04:36

        Pernah.. Penasaran mau bacaaaaa

         
  3. Mol

    06/26/2015 at 23:28

    Ternyata banyak sekali pelajaran hidup yang bisa kita petik dari hal-hal kecil yang terlihat trivial. Saya juga merasakannya. #ChicoholicsRead

     

Leave a Reply

 
